Paradigma Pembelajaran Baru Menuju Sekolah Penggerak, Menyongsong Merdeka Belajar

Posted on

Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 telah berakhir. Para guru kembali disibukkan dengan agenda penyusunan laporan hasil belajar siswa, dilanjutkan dengan penyiapan bahan ajar semester genap tahun pelajaran 2021/2022.

Dalam rangka menyiapkan dan meningkatkan kapasitas guru sebagai pendidik, Waka Humas Kepegawaian SMAIT AbuBakar Yogyakarta, Wanodya Asri Kawentar, M. Eng. menginisiasi diadakannya pelatihan guru bertajuk “Paradigma Pembelajaran Baru”. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama setengah hari pada Senin, 21 Desember 2021 di aula gedung Erlangga ini merupakan tindak lanjut dari hasil supervisi akademik yang telah dilaksanakan.

Pelatihan yang menghadirkan seluruh jajaran guru SMAIT AbuBakar Yogyakarta tersebut menghadirkan Bapak Suwito, M.Pd., pengembang kurikulum SMA DIY sekaligus instruktur nasional kurikulum sekolah penggerak sebagai narasumber. Beliau menyampaikan tentang paradigma pembelajaran baru yang harus dimiliki oleh para pendidik, khususnya dalam rangka menyongsong sekolah penggerak menuju merdeka belajar. Hal-hal penting yang beliau tekankan antara lain tentang model-model pembelajaran, pembelajaran dan penilaian proyek, serta pembelajaran berdiferensiasi. Pada kesempatan tersebut beliau juga
menyampaikan bahwa SMAIT AbuBakar sebagai sekolah Islam sangat mungkin untuk bisa memadukan nilai-nilai kenabian (shidiq, amanah, Fathonah, tabligh) dalam proses pembelajaran.

Di akhir pelatihan, Waka Humas kepegawaian yang diwakili oleh panitia; Heriyanto S.Pd menyampaikan agar para guru senantiasa bersemangat dan bersiap untuk sistem pembelajaran baru mendatang. Beliau juga berharap pelatihan ini menjadi bekal awal menghadapi semester genap. Para guru harus siap dan dengan segala perubahan serta pembaharuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.