Diskusi dan Penyuluhan “Virus Corona”

Posted on

Beberapa pakar mengatakan Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

 

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Setelah di informasikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo bahwa ada dua Warga Negara Indonesia yang terinfeksi Virus Corona, sehingga berbagai kalangan melakukan langkah antisipasi agar virus corona ini dapat diketahui masyarakat luas mengenai penyebaran, dampak dan penanganannya.

Begitu juga dengan SMA Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta mengadakan diskusi dan penyeluhan terkait virus corona ini. Program ini adalah salah satu program kerja UKS bekerja sama dengan puskesmas yang dilaksanakan secara insidental pada tanggal 9-11 maret 2020.
Hal ini dilakukan sebagai antisipasi dan menanggapi situasi terkini yang sedang bergejolak.

 

Sasaran dari program Diskusi dan penyuluhan ini adalah Seluruh Siswa/Siswi SMAIT Abu Bakar bertujuan untuk mensosialisasikan Virus yang sedang Marak yaitu Corona Virus disease 19 yg disingkat CoVid19. Mulai dari apa sih CoVid itu,bagaimana tanda dan gejalanya, langkah-langkah pencegahannya dan lain sebagainya.

Untuk acara Diskusi dan Penyuluhan ini kami mengundang Nara Sumber dokter dari Puskesmas Kota Gede II dalam kesempatan ini dibawakan oleh Dokter Sita Andiastuti.
Diskusi di adakan di Aula SMAIT Abu Bakar secara berkala.
Tanggal 9 maret 2020 Untuk Kelas XI
Tanggal 10 Maret 2020 untuk kelas XII
Tanggal 11 Maret 2020 untuk kelas X.

Alhamdulillah Kegiatan Diskusi yg di ikuti oleh seluruh siswa berjalan lancar. Semoga kedepannya UKS Semakin baik dalam menjalankan program-programnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.