PRAMLEN (PRAMUKA ONLINE) CERIA DI TENGAH CORONA

Posted on

Kami Pramuka Indonesia, Manusia Pancasila
Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan
Agar Jaya Indonesia, Indonesia tanah airku
Kami jadi Pandumu

Kegiatan Pramuka identik dengan kegiatan-kegiatan belajar tali-temali, berkemah, naik gunung, dan kegiatan-kegiatan fisik di alam bebas. Hal tersebut tidak terlepas dari tujuan untuk membentuk insan pribadi yang tangguh dalam menyongsong kehidupan di masa depan. Selain kekuatan fisik, kemampuan intelegensi juga di dapat dalam kegiatan pramuka misalnya wawasan terkait dengan sejarah kepramukaan dunia, pengetahuan tentang ASEAN dan PBB, penyakit degeneratif, membuat peta pita, menaksir tinggi pohon, memecahkan kode sandi, maupun kemampuan berdiskusi dengan baik.

Kegiatan Pramuka Gugus Depan SMA IT Abu Bakar Yogyakarta diikuti oleh seluruh siswa baik kelas X, XI, dan XII. Masing-masing jenjang kelas mendapatkan materi dan ujian Kepramukaan yang berbeda-beda. Sedangkan dalam jenjang Pramuka siswa tingkat SMA rata-rata sudah masuk ke dalam Golongan Penegak yaitu berusia 16-20 tahun.
Sejak pandemic Covid-19 (corona) mulai menjangkit di wilayah Indonesia yang bermula di Wuhan China, KBM sekolah dilakukan secara online begitupula kegiatan esktrakurikuler wajib Pramuka dilaksanakan dengan memanfaatkan Google Classroom.

Pramuka Online (Pramline) kali ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X yang berjumlah 134 siswa. Ambalan Khalid Bin Walid untuk siswa laki-laki berjumlah 43 siswa dan ambalan Mariyah Al Qhibtiyah untuk siswa perempuan berjumlah 91 siswi. Materi yang diajarkan dalam Pramuka Online (Pramline) antara lain AD ART Pramuka, Pengamalan Dasa Darma pramuka, PPPK, Peta Lapangan, dan Kompas Bidik. Teknis pelaksanaannya selain dipantau langsung oleh kakak-kakak Pembina, juga dibantu oleh kakak-kakak Dewan Ambalan, baik Dewan Ambalan Khalid bin Walid maupun Dewan Ambalan Mariyah Al Qhibtiyah.

Adanya Pramuka Online (Pramline) selain bertujuan untuk menyelesaikan rancangan kompetensi di dalam SKU yang harus dipenuhi oleh siswa meski dengan sistem daring, selanjutnya siswa juga akan melakukan ujian SKU untuk syarat mencapai Bantara. Ujian Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) dilaksanakan secara online, sehingga adanya Pandemic Covid 19 ini tidak menyurutkan semangat mencapai “Bantara”. Alhamdulillah, atas izin Allah pelaksanaan kegiatan Pramuka Online (Pramline) berjalan lancar sesuai dengan harapan.

Terdapat banyak tanggapan positif dengan adanya Pamuka Online (Pramline). Berikut beberapa tanggapan kegiatan Pramuka Online (Pramline)
Pramuka sejati, tak pernah berhenti, terus bergerak…
Dia tahu apa yang harus dilakukan ketika sesuatu yang tak terduga terjadi
Badai Covid 19 tidak pernah membuat surut semangat Pramuka SMA IT Abu Bakar
Pramuka SMA IT Abu Bakar siap melakukan sesuatu untuk menyelamatkan negeri
(Kak Nur Khasanah selaku Kamabigus)

Kalo kesan saya selama pramuka online ini ya tetap semangat, Karena saya yakin dengan mempelajarinya maka ilmu yang saya dapatkan pasti akan berguna di kemudian hari, terutama yang berhubungan dengan alam“. (Faras X IPA 1)

(Satu kali tepuk Pramuka)
Prok.. prok ..prok
Prok.. prok.. prok
Prok ..prok.. prok.. prok.. prok.. prok.. prok

-(kk r)-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.