STUDIUM GENERAL SISWA BARU 2020-2021

Posted on

Ada yang beda dengan pelaksanaan Stadium General (SG) Siswa Baru SMAIT Abu Bakar tahun ajaran 2020-2021 ini. Pandemi Covid 19 yang belum selesai membuat kebijakan SMAIT Abu Bakar untuk berpedoman pada protokol kesehatan. Pihak panitia SG pun di tuntut untuk meminimalkan kerumunan yang biasanya terjadi akibat kedatangan siswa baru dan para orang tua siswa. Akhirnya diputuskan untuk pelaksanaan SG melalui Virtual Online.

Tema untuk SG tahun ini “Selamat datang Generasi Qurani Pewaris Peradaban” yang memberikan urgensi bahwa siswa memegang peranan penting dalam menjadi generasi yang unggul dalam mewarisi peradaban dan kemajuan bangsa ini yang berlandaskan dengan nilai-nilai Al Quran, untuk itu SMAIT Abu Bakar siap untuk membina, membimbing dan mencetak generasi peradaban dengan nilai-nilai Al Quran. Untuk siswa peserta SG tahun ini berjumlah 174 siswa yang diterima di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta yang terdiri dari 4 kelas IPA yaitu 1 Kelas Fullday Putra, 2 Kelas Fullday Boarding Putri, 1 Kelas Takhasus) dan 2 kelas IPS (1 Kelas Fullday Putra dan 1 Kelas Fullday Boarding Putri).

Kegiatan SG ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 11 Juli 2020 dengan diawali registrasi dan presensi siswa melalui link yang sudah di share oleh panitia melalui wali kelas masing-masing. Selanjutnya panitia juga mengshare link untuk virtual dengan beberapa link yaitu melalui google meet dan youtube. Pukul 8.30 WIB acara SG dimulai dengan pembukaan oleh MC (Ust.Taufik Hidayat, S.SI) dengan bacaan Basmallah. Acara di lanjutkan dengan tilawah yang dibacakan oleh Ust Dudi Muhammad Rusyadi, S.Pd.I. Acara berikutnya menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars JSIT. Selanjutnya Sambutan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMAIT Abu Bakar Ustdzh. Nur Khasanah, M.Ag yang isinya memberikan penjelasan tentang pendidikan di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta untuk mendidik siswa-siswanya agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah, tentunya juga tidak terlepas dari dukungan orang tua untuk berperan aktif dalam mewujudkanya. Mencetak siswa yang memiliki kemampuan untuk berprestasi di bidang akademik maupun non akademik. Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua YPPI Drs. H. Masruri yang isinya Urgensi Pendidikan yang harus ditekankan tidak hanya dari segi kognisi (kecerdasan intelektual) tapi juga harus mencerdaskan dari segi spiritual apalagi dengan akhlaq dan budi pekerti untuk mencetak peradaban bangsa yang lebih maju dan berlandaskan dengan nilai-nilai budi pekerti juga Al Quran.

Acara dilanjutkan dengan serah terima Siswa Baru kepada sekolah yang akan di wakili dari pihak orang tua yaitu Bapak Suharmanto (Orang Tua dari Aqila Nur Azizah Kelas X IPA 2) sekaligus memberikan sambutan perwakilan orang tua/wali, dan langsung  diterima secara resmi oleh Kepala Sekolah SMAIT Abu Bakar Yogyakarta Ustadzh. Nur Khasanah, M.Ag.

 

Melanjutkan acara berikutnya yaitu Perkenalan Pimpinan Sekolah dan Wali Kelas X. Pimpinan Sekolah terdiri dari Kepala Sekolah (Ustdzh. Nur Khasanah, M.Ag), Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum (Ustdzh. Wanodya Asri Kawentar, M.Ag), Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan (Ustdzh. Elyarahadhane, S.Si), Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana (Ust. Firman Hasa, S.Si), Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Kepegawaian (Ust. Harman, S.Pd MM), Mudir Asrama Takhasus (Ahmad Aniq, S.Ag), Mudiroh Asrama Boarding (Etik, S.Hum), sedangkan Wali Kelas X terdiri dari Wali Kelas X IPA 1 (Ust. Junianto, M.Pd), Wali Kelas X IPA 2 (Ustdzh. Susanti, M.Pd), Wali Kelas X IPA 3 (Ustdzh. Dina Muthiah, S.Pd), Wali Kelas X IPA 4 (Ustdzh. Estuning, S.I.P), Wali Kelas X IPS 1 (Ust. Arif Nur Hidayat, S.Pd), Wali Kelas X IPS 2 (Ustdzh Nur Laela, S.Pd).

Acara terakhir yaitu doa penutup oleh Ust. Dudi Muhammad Rusyadi, S.Pd.I. Sebelum acara live ditutup oleh MC, MC mengumumkan kepada siswa bahwa akan ada sosialisai terkait dengan PANTES/Aturan SMAIT oleh Ustdzh. Elyarahadhane, S.Si di google meet, maka siswa diharapkan masih aktif di google meet, sedangkan para orang tua dipersilahkan untuk masuk di group WA wali siswa dengan orang tua untuk pembentukan pengurus komite dan programnya. Selanjutnya acara SG resmi ditutup oleh MC dengan bacaan hamdalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.