PLS Ku Tak Seperti Kakak Kelasku

Posted on

Pertama kali masuk sekolah dari SMP ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SMA adalah hal yang sangat berkesan bagi setiap siswa. Hal tersebut karena setiap siswa akan bertemu dengan teman baru, guru baru, serta pengalaman baru yang mungkin tidak akan didapatkan lagi.

Ketika pertama kali masuk siswa masih harus beradaptasi dengan lingkungan sekolah barunya termasuk juga dalam mendapatkan teman baru. Siswa biasanya akan merasa kesulitan untuk beradaptasi dan itu adalah masalah yang cukup serius karena akan mempengaruhi mental dari siswa untuk mengikuti proses pembelajaran sekolah nantinya. Tetapi, masalah itu bisa dicegah dengan adanya kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah.
Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah ini sangat membantu siswa baru dalam beradaptasi dengan sekolah barunya. Setiap sekolah pasti melaksanakan kegiatan ini termasuk juga di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta. Di SMAIT Abu Bakar selalu melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) ini setiap memasuki tahun ajaran baru. Namun, untuk Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tahun pelajaran 2020/2021 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19.

Meskipun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, SMAIT Abu Bakar Yogyakarta tetap melaksanakan kegiatan PLS ini dengan sistem online. Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) online SMAIT Abu Bakar dipandu oleh anggota pengurus OSIS yang dengan sigap membimbing adik-adik tingkatnya kelas X untuk beradaptasi dengan sekolah barunya yang tentunya tetap dibimbing oleh panitia dan juga wali kelas. Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) ini berisi berbagai kegiatan yang tentunya akan menambah semangat untuk siswa baru kelas X untuk menghadapi pembelajaran di sekolah. Kegiatan tersebut diantaranya ada sambutan dari kepala sekolah, sambutan wakil kepala sekolah, kepemanduan dari anak-anak organisasi, serta berbagai materi seperti materi tentang Al-Quran, Bela Negara, dan berbagai motivasi yang disampaikan oleh BK.

Sambutan Kepala Sekolah

 

Materi Bela Negara oleh Bapak Widar Afandi dari POLSEK Kotagede

Semua kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) itu dilaksanakan dengan webinar dan video. Meskipun hanya melalui video, tetapi antusias dari siswa baru kelas X sangat besar. Setiap kegiatan diikuti dengan baik. Bahkan sampai ada yang panik jika tidak bisa mengikuti.
Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah SMA IT Abu Bakar ditutup dengan kegiatan ARFEST (Abu Bakar Festival). Kegiatan ini dipandu sepenuhnya oleh siswa dari pengurus OSIS, MPK, dan Dewan Ambalan yang tentunya dilakukan secara online dengan video. Dengan ditutupnya kegiatan PLS tersebut diharapkan siswa baru kelas X bisa lebih termotivasi dan semangat dalam menyambut dan menghadapi pembelajaran di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.