QURBAN DAN BAKSOS 1441 H

Posted on

Pandemi Bukan Alasan Berhenti Berbagi adalah tema yang kami ambil dalam kegiatan Baksos dan Qurban SMA IT Abu Bakar pada tahun ini. Semangat ini diambil dari salah satu ayat Al Qur’anul Karim, Surat At Taubah yang berbunyi :

Artinya : “Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.” (Q.S At Taubah : 41)

Baksos dan Qurban merupakan agenda tahunan SMAIT Abu Bakar Yogyakarta. Kegiatannya meliputi pembagian sembako, alat tulis, air bersih dan memberikan hewan qurban kepada masyarakat yang membutuhkan. Lokasi acara Baksos dan Qurban pun tidak sembarangan dipilih, panitia melakukan survei beberapa kali di lokasi tujuan guna memastikan bahwa daerah tersebut benar-benar membutuhkan dan yang paling penting adalah daerah tersebut minim hewan Qurban.

SMA IT Abu Bakar Yogyakarta menolak berhenti berbagi walaupun kondisi pandemi belum berakhir. Baksos dan Qurban masih harus terus berjalan walaupun kondisi saat ini belum stabil. Pada tahun ini, SMA IT Abu Bakar Yogyakarta melakukan Baksos dan Qurban di Desa Pengkol, Nglipar, Gunung Kidul, tepatnya di dua padukuhan yaitu Gagan dan Geger. Berbeda dengan Baksos tahun – tahun sebelumnya yang biasanya diadakan dua hari satu malam, baksos kali ini dilakukan dengan lebih singkat karena dalam kondisi pandemi. Agenda dipadatkan menjadi satu hari, beberapa agenda tahun sebelumnya seperti kajian dan bazar baju murah yang menimbulkan kerumunan warga ditiadakan.

Alhamdulillah, pada tanggal 1 Agustus 2020 terlaksana agenda Baksos dan Qurban SMA IT Abu Bakar Yogyakarta dengan agenda menyerahkan hewan qurban, membagikan ratusan bungkus daging sapi dan daging kambing hewan qurban, ratusan paket sembako, belasan tangki air bersih, paket alat tulis untuk anak-anak dan perlengkapan ibadah untuk semua warga.

 

 


“Alhamdulillah matur suwun Ustadzah Elya dan juga semua keluarga besar SMA IT Abu Bakar Yogyakarta atas segala keikhlasannya yang sudah kerso tak bosan-bosannya membantu warga Geger yang berupa hewan qurban, sembako, alat tulis, peralatan sholat dan masker. Dari saya, Pak Dukuh, Pak Takmir juga semua warga dusun Geger mengucapkan banyak-banyak terimakasih dan semoga bantuan dari SMA IT Abu Bakar ini menjadi pahala jariyah kepada seluruh warga SMA IT Abu Bakar dan para donatur” ucap Bu Dwi selaku pengurus TPA Padukuhan Geger ketika menerima baksos dan hewan qurban dari SMA IT Abu Bakar Yogyakarta.

Ungkapan terima kasih juga disampaikan oleh Bu Rustuti Wahyuningsih selaku Dukuh Gagan, “ Saya Rustuti selaku Dukuh Gagan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada SMAIT Abu Bakar Yogyakarta atas semua bantuan baksos yang diberikan. Mudah-mudahan SMAIT Abu Bakar Yogyakarta dapat menjadi sekolah yang semakin maju dan sukses. Kami juga berharap semoga kerjasama ini tetap terjalin dan semoga tahun depan SMAIT Abu Bakar Yogyakarta bisa menyalurkan hewan qurbannya di Padukuhan Gagan lagi.”

Selain mengadakan baksos dan qurban di Gagan dan Geger, SMAIT Abu Bakar Yogyakarta juga mengadakan pembagian daging qurban dan paket sembako untuk warga sekitar sekolah dan beberapa guru/karyawan SMAIT Abu Bakar Yogyakarta yang membutuhkan. Agenda ini telah terlaksana dengan lancar pada tanggal 3 Agustus 2020. Warga sekitar SMAIT Abu Bakar dan juga guru/karyawan merasa senang dan bersyukur dengan adanya kegiatan baksos ini. Mereka adalah bagian yang tak terpisahkan dan merupakan keluarga bagi SMAIT Abu Bakar Yogyakarta yang juga layak untuk mendapatkan daging qurban dan paket sembako di tengah kondisi pandemi ini.

 

Masih serangkaian agenda Baksos & Qurban, pada tanggal 18 Agustus 2020 panitia menyalurkan donasi untuk Panti Asuhan La Tahzan. Panti tersebut berlokasi tidak jauh dari SMAIT Abu Bakar Yogyakarta, tepatnya di Jurugentong, Banguntapan, Bantul. Jumlah total anak yang disantuni di Panti Asuhan La Tahzan sebanyak 203 orang yang berasal dari berbagai daerah. “Alhamdulillah..
Terima kasih. Semoga berlimpah rezeki, keberkahan, pertolongan dan kasih sayang Allah SWT. ‪Aamiin..‬,” ucap syukur dari Andri Efriadi, S.Sos.I selaku ketua Panti Asuhan La Tahzan.‬

Semoga Pandemi ini segera berakhir, dan kegiatan Baksos dan Qurban SMA IT Abu Bakar kedepan bisa lebih maksimal dan lebih baik lagi. “Alhamdulillah, acara baksos dan penyaluran hewa qurban berjalan lancar, semoga dapat memberikan manfaat di dusun Gagan dan Geger. Untuk kedepannya semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa dimudahkan melaksanakan acara ini lagi serta dapat memberikan lebih bagi yang membutuhkan” ucap Ustadz Darpito Nugroho S.Pd selaku ketua panitia Baksos dan Qurban SMA IT Abu Bakar 2020. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.