MESKI RAGA TAK BERSAMA, NAMUN JIWA PRAMUKA KAN SELALU MEMBARA “MUSTEGAK (MUSYAWARAH PENEGAK) ONLINE”

Posted on

SALAM PRAMUKA !!!

SATYAKU KU DARMAKAN
DARMAKU KU BAKTIKAN

Berdarma dan berbakti merupakan dua hal yang harus dimiliki dalam diri seorang pramuka sejati, meski pandemi belum berakhir namun jiwa pramuka akan tetap membara. Jika kita mengingat kembali pesan Baden Powell bahwa Seorang pramuka sejati harus siap di setiap keadaan, menyadarkan kita semua untuk selalu siap dengan segala sesuatu yang terjadi.

Pandemi Covid 19 tidak mengurangi semangat kita untuk terus melakukan kegiatan kepramukaan. Pada tanggal 14-15 Agustus 2020 Pramuka Ambalan Khalid Bin Walid dan Mariyah Al Qibthiyyah pangkalan SMA IT Abu Bakar Yogyakarta melaksanakan musyawarah penegak (mustegak) secara online.

Mustegak kali ini merupakan salah satu kegiatan ambalan yang dilaksanakan untuk mengevaluasi program kerja Dewan Ambalan masa bakti 2019/2020 demi kemajuan yang lebih baik serta merumuskan calon Dewan Ambalan masa bakti 2020/2021 beserta program kerjanya. Selain itu, agenda ini dilaksanakan untuk menyepakati tata adat ambalan yang selanjutnya digunakan sebagai pedoman dalam setiap kegiatan.

Mustegak di pangkalan SMA IT Abu Bakar Yogyakarta dilaksanakan secara rutin setahun sekali. Agenda mustegak tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perbedaanya terletak pada tempat pelaksanaanya, jika tahun-tahun sebelumnya mustegak dilaksanakan secara bersama-sama di pangkalan, namun pada tahun ini dilaksanakan secara virtual melalui Google Meet.

Pelaksanaan mustegak melalui Google Meet tidak menghilangkan semangat, esensi dan tujuan utamanya. Mustegak virtual kali ini dihadiri oleh berbagai pihak yaitu Kak Nur Khasanah selaku Kamabigus, Pembina Pramuka SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, Dewan Kehormatan, Dewan Ambalan masa bakti 2019/2020, calon Dewan Ambalan masa bakti 2020/2021, seluruh anggota ambalan, dan tamu undangan perwakilan dari OSIS dan MPK.

Suasana mustegak virtual kali ini menjadi menarik ketika para peserta saling memberi masukan dan saran untuk kemajuan pramuka yang lebih baik. Harapannya,dengan dilaksanakannya mustegak kali ini akan semakin menambah kemajuan dalam segala bidang bagi Gerakan Pramuka, khususnya di pangkalan SMA IT Abu Bakar Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.