Pelantikan Pengurus GILBARTA Periode 2022/2023

Posted on

Yogyakarta (7/11) – Kepala Sekolah SMA IT Abu Bakar Yogyakarta melantik pengurus organisasi siswa internal di bidang literasi yaitu GILBARTA masa bakti 2022-2023. Kegiatan tersebut diawali dengan apel pagi kemudian dilanjutkan dengan pelantikan pengurus baru organisasi GILBARTA serta penyerahan jabatan oleh pengurus GILBARTA periode 2021-2022 kepada pengurus GILBARTA periode 2022-2023 di lapangan sekolah.

Dalam sambutannya, ustadzah Nur Khasanah, M.Ag. selaku kepala sekolah menyampaikan pentingnya kegiatan literasi untuk generasi millennium di Indonesia saat ini. Pasalnya, menurut data survei yang dilakukan oleh Program International Student Assessment (PISA), Indonesia menduduki peringkat ke 62 dari 70 negara atau merupakan kategori 10 negara dengan tingkat literasi yang rendah.

Berbanding lurus dengan data tersebut, tak jarang masih banyak ditemukan pemuda yang kurang kemampuannya dalam literasi. Hal tersebut merupakan hal yang miris terjadi di lingkungan kita, khususnya apabila terjadi di lingkungan sekolah. Karena, sekolah seharusnya berperan sebagai tempat untuk menumbuhkan kecintaan siswa dalam kegiatan literasi.

Organisasi GILBARTA sendiri merupakan kepanjangan dari Gerakan Literasi Abu Bakar Yogyakarta serta merupakan organisasi sekolah yang sah berdiri pada 20 April 2022. Sesuai namanya, organisasi tersebut memiliki fungsi sebagai wadah yang membawahi serta mengawal siswa dalam kegiatan terkait kemampuan siswa dalam membaca maupun menulis.

Selanjutnya, kepala sekolah berharap dengan adanya organisasi tersebut, dapat membawa perubahan dalam diri siswa sebagai individu yang gemar literasi serta berperan aktif dalam memajukan peradaban Indonesia di kancah global.

Penulis: Ghaitsa Vania S.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.